Diy Ketapel/Catapult

​ ​ ​Belajar mengenai energi, kecepatan, jarak, gaya gravitasi dalam mainan ketapel. Tapi ketapel yang kami buat kali ini menggunakan stick es krim tidak seperti ketapel tradisional yang biasanya menggunakan potongan ranting pohon berbentuk Y. Bahan- bahan yang diperlukan: Stick es krim Karet gelang Lem (kami pakai fox) Tutup botol bekas air mineral Membuatnya cukup … More Diy Ketapel/Catapult

Telur dalam air garam

Masih dengan konsep mengapung-tenggelam dan berat jenis (berat-ringan). Kali ini kami menggunakan telur dan garam, tapi bukan untuk membuat telur asin ya…:) Alat dan bahan yang diperlukan adalah : ◇ 2 butir telur ◇ 2 gelas plastik ◇ garam ◇ air ◇ sendok Mari kita mencoba… ◇ tuang air sama banyak di kedua gelas plastik, … More Telur dalam air garam

Jeruk Apung

Kenapa judulnya jeruk apung ya… Kali ini kita akan mencoba eksperimen sains dan belajar mengenai konsep mengapung-tenggelam, berat jenis (berat-ringan). Konsep yang sama sudah pernah kita coba dengan cara yg lain. Kali ini ingin menunjukkan pada mirza, yang kebetulan senang sekali bermain air dan makan buah jeruk. Kita siapkan dulu alat dan bahannya yuk… ☆ … More Jeruk Apung

Api dan Oksigen

Eksperimen sains kali ini helmi_mirza akan membuktikan bahwa api dapat menyala jika ada udara. Sama halnya dengan manusia bisa hidup karena adanya udara untuk bernafas… Api kecil bisa menjadi kawan, tapi api besar bisa menjadi lawan karena dapat mengakibatkan kebakaran dan menghanguskan rumah, gedung dan harta benda, bahkan bisa menyebabkan kematian jika ada orang terjebak … More Api dan Oksigen

Melatih Motorik Mirza

Beberapa aktivitas Mirza untuk melatih kemampuan motoriknya Finger painting, berkotor2 ria tapi senang melihat warna warni diatas kertas. Bisa bertahan 30 menit dengan aktivitas ini, usia Mirza saat itu 16 bulan Serius memasukkan ring balok ke dalam tiang, meskipun belum memahami konsep berurutan dari ukuran besar ke kecil. Tapi bagus untuk melatih konsentrasi, koordinasi mata … More Melatih Motorik Mirza

Mengenal Siklus Tanaman

Teringat percobaan pertama waktu bunda masih SD, mengamati pertumbuhan kecambah alias toge. Terpikir untuk mengenalkan Helmi tentang siklus tanaman dengan menggunakan percobaan kecambah. Sebelumnya kami menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan… Bahan: 1. Kacang hijau 2. Kacang merah Alat: 1. Gelas plastik 2. Kapas Percobaan ini sederhana, hanya memerlukan waktu beberapa hari untuk mengamati dengan … More Mengenal Siklus Tanaman

Bubbles alias si gelembung sabun

Semua anak sepertinya suka banget klo lihat bubble alias gelembung sabun. Dan hampir selalu ada abang2 yang jual di tempat2 keramaian yang banyak anak2. Dari harga Rp. 2000 sampai dengan Rp. 15.000-25.000. Sampe greget sendiri lihatnya karena si abang2 ini paling bisa “manas2in” anak2 untuk beli. Lama-lama penasaran pake banget, gimana caranya bisa bikin bubble … More Bubbles alias si gelembung sabun

Pisang Goreng Spesial

Minggu sore kemarin, krucil heboh banget lari sana sini kejar2an. Pas buka kulkas lihat ada stock pisang, kepikiran ajak krucil seseruan di dapur nich….:) “Mas helmi, kita bikin pisang goreng yuk” Dan ga disangka, langsung disambut dengan semangat 45 sm mas helmi n dd mirza yang ikutan heboh…. “Ayo bun, asyik belajar masak” “Sini mas … More Pisang Goreng Spesial

Medan listrik sederhana

Sudah lama juga ga ajak2 main sains mas gamteng, dah mulai nagih2. Akhirnya kegiatan weekend kemarin diisi dengan percobaan sains sederhana mengenai medan listrik. Awalnya karena teringat mainan dl zaman bunda msh sd beberapa tahun lalu….;) hihihi Mungkin ayah bunda ada yang mengalami hal yang sama. Menggosok2kan sampul plastik diatas kepala lalu….. Jreenggggg….., rambut nya … More Medan listrik sederhana

Rain in the jar

Ingin coba menjelaskan proses terjadinya hujan dengan cara sederhana. Akhirnya kami melakukan percobaan ini. Mudah, bahannya pun ada di rumah. Bahan : ~ es ~ air panas ~ mangkok ~ toples Cara : ~ isi toples dengan air panas kira-kira 1/3 bagian ~ isi mangkok dengan es hingga penuh ~ simpan mangkon diatas toples ~ … More Rain in the jar