Keseruan Menjelajah Taman Legenda TMII

Taman Legenda ini memiliki daya magnet yang cukup kuat bagi anak-anak, banyak gambar-gambar menarik dari beberapa artikel yang muncul ketika kita mengetikkan kata kunci “taman legenda tmii”. Dan yang menjadi daya pikat utama adalah wahana Petualangan Dinosaurus, yang menurut beberapa artikel diceritakan mirip dengan asli dari bentuk dan suaranya. Helmi dan Mirza pun tak ketinggalan…

Trial TK Mirza Muhammad

Waktu rasanya cepat berjalan, anak kicik Bunda sudah 4 tahun 7 September 2017 lalu. Sehat-sehat selalu ya nak… Agustus lalu, kami mendapatkan telepon dari Sekolah Karakter Indonesian Heritage Foundation mengenai konfirmasi apakah Mirza akan bergabung untuk TK A di tahun ajaran 2018 nanti. Mengenai Sekolah Karakter Indonesian Heritage Foundation bisa dilihat disini Bahagia, karena mendapatkan kesempatan…

Diy Ketapel/Catapult

​ ​ ​Belajar mengenai energi, kecepatan, jarak, gaya gravitasi dalam mainan ketapel. Tapi ketapel yang kami buat kali ini menggunakan stick es krim tidak seperti ketapel tradisional yang biasanya menggunakan potongan ranting pohon berbentuk Y. Bahan- bahan yang diperlukan: Stick es krim Karet gelang Lem (kami pakai fox) Tutup botol bekas air mineral Membuatnya cukup…

Telur dalam air garam

Masih dengan konsep mengapung-tenggelam dan berat jenis (berat-ringan). Kali ini kami menggunakan telur dan garam, tapi bukan untuk membuat telur asin ya…:) Alat dan bahan yang diperlukan adalah : ◇ 2 butir telur ◇ 2 gelas plastik ◇ garam ◇ air ◇ sendok Mari kita mencoba… ◇ tuang air sama banyak di kedua gelas plastik,…

Jeruk Apung

Kenapa judulnya jeruk apung ya… Kali ini kita akan mencoba eksperimen sains dan belajar mengenai konsep mengapung-tenggelam, berat jenis (berat-ringan). Konsep yang sama sudah pernah kita coba dengan cara yg lain. Kali ini ingin menunjukkan pada mirza, yang kebetulan senang sekali bermain air dan makan buah jeruk. Kita siapkan dulu alat dan bahannya yuk… ☆…

Api dan Oksigen

Eksperimen sains kali ini helmi_mirza akan membuktikan bahwa api dapat menyala jika ada udara. Sama halnya dengan manusia bisa hidup karena adanya udara untuk bernafas… Api kecil bisa menjadi kawan, tapi api besar bisa menjadi lawan karena dapat mengakibatkan kebakaran dan menghanguskan rumah, gedung dan harta benda, bahkan bisa menyebabkan kematian jika ada orang terjebak…

DIY Mobil Kardus Susu

Sudah lama rasanya tidak membuat karya “DIY” lagi bersama anak-anak. Sebenarnya mas helmi sudah berkali-kali menanyakan kapan kita membuat karya lagi bunda. Emang bundanya yang sok sibuk alias berat untuk memulai…hehehe Maafkan ya nak, dan tolong “tidak untuk ditiru” Setelah mirza berhasil weaning with love (wwl) alias disapih, mulai hobi minum susu. Dah hasilnya kardus…

Tanggung Jawab Atas Amanah Allah

Untuk Ayah Bunda, kalian berdua adalah amanah Allah yang sangat berarti. Tapi seiring hadirnya kalian maka tanggung jawab kami atas kalian pun semakin besar. Dalam Islam Ada beberapa kewajiban kedua orang tua terhadap anaknya, yaitu: 1. Memberi nafkah Seorang ayah bertanggungjawab memberikan nafkah bagi anak-anak dan keluarganya, sedang ibu bertanggungjawab mengasuh anak-anak dan mengatur rumah…

Melatih Motorik Mirza

Beberapa aktivitas Mirza untuk melatih kemampuan motoriknya Finger painting, berkotor2 ria tapi senang melihat warna warni diatas kertas. Bisa bertahan 30 menit dengan aktivitas ini, usia Mirza saat itu 16 bulan Serius memasukkan ring balok ke dalam tiang, meskipun belum memahami konsep berurutan dari ukuran besar ke kecil. Tapi bagus untuk melatih konsentrasi, koordinasi mata…

Bubbles alias si gelembung sabun

Semua anak sepertinya suka banget klo lihat bubble alias gelembung sabun. Dan hampir selalu ada abang2 yang jual di tempat2 keramaian yang banyak anak2. Dari harga Rp. 2000 sampai dengan Rp. 15.000-25.000. Sampe greget sendiri lihatnya karena si abang2 ini paling bisa “manas2in” anak2 untuk beli. Lama-lama penasaran pake banget, gimana caranya bisa bikin bubble…