Guru Tamu Kelas 3

Momen jelang akhir semester jadi saat-saat yang ditunggu oleh Mas Helmi, biasanya selalu bertanya

“Bunda sudah dihubungi Bu Guru belum kapan mau jadi Guru Tamunya?”

Mas yang selalu excited ketika tahu Bunda mengisi form kesediaan menjadi Guru Tamu di awal tahun ajaran sekolah, dan akan bilang ga sabar pengen tau Bunda mau ngajar apa…

Saat kelas 2 sempat kecewa karena Bunda tidak bisa menjadi Guru Tamu, karena Mas tahu kalau Bunda sudah mengisi form dan bersedia. Setelah kofirmasi dengan Guru kelas, kegiatan Guru Tamu tidak bisa diadakan karena bersamaan dengan kegiatan sekolah lainnya. Mungkin hal ini yang membuat Mas jadi tidak sabar menunggu.

Dan benar saja saat Bunda memberi tahu bahwa sudah dihubungi oleh Ibu Guru untuk menjadi Guru Tamu, Mas yang heboh sendiri kegirangan. Makin heboh ketika tahu bahwa kali ini Bunda diberi kesempatan untuk menjadi Guru Tamu untuk seluruh kelas 3 artinya akan ada 3 kelas belajar bersama Bunda.

“Beneran bun, 3 kelas?!”

“Asyik, kereennn”

“Jadi Bunda mau ngajar apa?”

Bunda cukup jawab “RAHASIA”…. hihihi

Perjuangan menyiapkan semua bahan dan perlengkapan untuk materi Guru Tamu kali ini, harus menunggu Mas sekolah, ke Masjid atau tidur. Sebisa mungkin mencuri waktu karena kalau malam Mamak satu ini pun kadang ikutan tepar bareng anak-anak. Agar sesuai dengan tema yang sedang berjalan di KBM kelas 3 Padat, Cair dan Gas. Akhirnya dipilih materi mengenai Water Cycle atau Proses Terjadinya Hujan.

Sempat ragu akan bagaimana cara yang efektif menyampaikan kepada anak-anak, sebenarnya materi sederhana tapi inginnya dibuat menjadi lebih menarik minat dan perhatian anak-anak. Istilah-istilah yang digunakan akan disampaikan dalam bahasa Indonesia/Inggris, lalu video pengantar yang akan diputar sebaiknya dalam bahasa Indonesia/Inggris. Diskusi bersama Ayahnya anak-anak, akhirnya diputuskan tetap memutar video dan menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Inggris. Yang menjadi alasan terkuat adalah, di Sekolah sejak awal tahun ajaran anak-anak mulai dibiasakan dengan percakapan dalam bahasa Inggris.

Kegiatan yang kami lakukan adalah :

  • Menonton video animasi water cycle 
  • Menjelaskan tentang tahapan-tahapan dan istilah-istilah dalam water cycle
  • Eksperimen sederhana tentang water cycle dengan menggunakan air hangat dan es batu
  • Membuat craft tentang water cycle

Bismillah, semangat semoga anak -anak excited akan materi yang disampaikan dan juga dapat menambah sedikit pengetahuan dan kosa kata mereka tentang proses terjadinya hujan dan berbagai istilahnya dalam bahasa Inggris. Kami juga melakukan eksperimen sederhana tentang proses terjadinya hujan. Sebagai penutup kami membuat craft sederhana, dengan harapan mereka dapat menceritakan kembali kepada orang tua di rumah tentang pengalaman serunya hari ini…

Dan inilah gallery keseruan kami….😍😍

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s