Selamatkan Hutan

​Tema 1 di awal kelas 3, dalam tema ini anak-anak di kenalkan dengan berbagai jenis tanaman, bagian-bagian tanaman, kegunaan dari berbagai jenis tanaman, pentingnya penghijauan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Project pada tema ini adalah menanam tanaman apotek hidup, anak-anak juga diminta untuk mencari artikel tentang cara perawatan tanaman yang sudah mereka pilih untuk ditanam. Helmi memilih untuk menanam bawang merah. Dan di rumah kami juga memiliki project penghijauan, bibit yang kami tanam adalah kunyit dan jahe.

Selama project berlangsung, sekitar 2 minggu anak-anak diminta merawat dan mengamati pertumbuhan tanaman masing-masing. Jadi setiap hari Helmi menyiram dan mengukur tinggi batang tanaman bawang merahnya.

Sayangnya baru 1 minggu berjalan, potnya tersenggol oleh kakak kelas hingga jatuh. Helmi sudah berusaha menyelamatkan tapi sayang tanamannya tidak bisa ditanam kembali. Sedih sekali, karena sehari sebelumnya dia baru saja bercerita dengan sangat antusias tentang tanaman bawangnya yang sudah bertambah tinggi. Tak apa, kita masih punya tanaman kunyit dan jahe di teras rumah yang Alhamdulillah tumbuh subur.

Di akhir tema anak-anak diharapkan dapat memahami pentingnya penghijauan dan menjaga kelestarian lingkungan. Kesadaran menanam tanaman di rumah, menjaga kebersihan saluran air, sungai dan juga laut sangat penying untuk dilakukan. Agar tak ada lagi bencana seperti banjir dan pencemaran yang dapat merusak ekosistem dan kelestarian makhluk hidup.

Yuk jaga bumi kita agar lestari….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s