Practical Life Skills : Membuat Pizza

Memasak saat ini tak lagi hanya kemampuan yang wajib dimiliki kaum hawa, saat ini semakin banyak master chef pria yang ternama dengan keahlian mendunia. Memasak sama hal nya dengan keahlian lainnya, perlu dipelajari, dilatih dan terus diasah.
Bunda mengajarkan Helmi dan Mirza untuk ikut mengeksplore dapur bukan bermaksud menjadikan mereka master chef, karena kemampuan bunda juga masih biasa-biasa saja. Bunda hanya ingin mereka berdua memiliki pratical life skill “keahlian memasak” untuk dirinya sendiri, jika kelak mereka harus merasakan hidup mandiri jauh dari Bunda. Mereka akan merasa nyaman dan tenang karena sudah memiliki keahlian tersebut.

Kali ini kami mencoba membuat pizza bersama, topping yang digunakan sosis, tomat, cabai dan keju mozarella. Helmi dan Mirza membantu menimbang bahan-bahan dough, menyiapkan dan memotong bahan topping, mengoleskan saus diatas dough, dan memberikan topping diatasnya. Bunda membantu membuatkan dough dan membakar pizza di oven. Kegiatan kami sore itu seru sekali, dan cukup berkesan karena mereka dengan bangganya menceritakan hal tersebut kepada Ayah sepulang beliau kerja. Meski ini bukan yang pertama kali tapi sepertinya begitu berkesan karena kebetulan mereka sedang ingin sekali pizza.


Bunda coba share beberapa hal yang harus tetap moms perhatikan demi keamanan dan kenyaman bersama buah hati selama melakukan kegiatan di dapur…

  • Pastikan lantai bebas dari ceceran tepung, air ataupun minyak. Segera lap/bersihkan jika lantai kotor/basah.
  • Gunakan pisau plastik atau pisau yang tidak terlalu tajam untuk anak-anak.
  • Gunakan peralatan dapur yang aman dan tidak mudah pecah
  • Beri jarak anak-anak dengan benda-benda panas, seperti kompor dan oven. Moms bisa membantu untuk take over bagian ini.
  • Beri penjelasan tentang bahan/alat yang digunakan saat memasak, sebagai kegiatan belajar yang menyenangkan. Misalkan moms dapat menjelaskan mengenai kandungan gizi/vitamin pada sayuran/buah yang digunakan memasak, atau menjelaskan tentang konsep berat-ringan dan satuan berat menggunakan timbangan untuk menimbang bahan-bahan yang akan digunakan.

Jadi moms tidak perlu ragu untuk mengajak jagoan-jagoan untuk ikut mengeksplore dapur, hanya saja mungkin perlu kesabaran saat melihat dapur “sedikit” berantakan dan perlu tenaga ekstra untuk merapihkan kembali. Tapi percayalah kegiatan ini seru dan pastinya bermanfaat dan berkesan bagi jagoan moms. Selamat mengeksplore dapur moms and boys 🙂 


Nyam…nyam…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s