Tanggung Jawab Atas Amanah Allah

image

Untuk Ayah Bunda, kalian berdua adalah amanah Allah yang sangat berarti. Tapi seiring hadirnya kalian maka tanggung jawab kami atas kalian pun semakin besar.

Dalam Islam Ada beberapa kewajiban kedua orang tua terhadap anaknya, yaitu:

1. Memberi nafkah
Seorang ayah bertanggungjawab memberikan nafkah bagi anak-anak dan keluarganya, sedang ibu bertanggungjawab mengasuh anak-anak dan mengatur rumah tangga sebagai wakil dari suaminya. Tentang besarnya nafkah untuk anak dan keluarganya ini, Islam tidak menentukan besarnya secara khusus, hal ini terserah pada kemampuan masing-masing. Firman Allah SWT :

اَلرّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللهُ بَعْضَهُمْ عَلى بَعْضٍ وَّ بِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ. النساء

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena laki-laki telah menafkahkan sebagian dari harta mereka,” (QS. An-Nisaa’ : 34).

2. Menyuruh anak-anak untuk mendirikan shalat
Orang tua harus menanamkan ‘aqidah yang benar terhadap anak-anaknya jangan sampai syirik, dan menyuruh mereka untuk mendirikan shalat. Allah berfirman :

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِا لصَّلوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ، لاَنَسْاَلُكَ رِزْقًا ، نَحْنُ نَرْزُقُكَ ، وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوى. طه :

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bershabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezqi kepadamu, Kamilah yang memberi rezqi kepadamu. Dan akibat (yang baik) adalah bagi orang yang bertaqwa,” (QS. Thaahaa : 132).

Bunda kutip dari
http:// https://www.islampos.com/3-kewajiban-orang-tua-terhadap-anaknya-106858/

Ramadhan tahun ini, jadi ramadhan yang paling indah buat bunda. Ini tahun ke 2 mas helmi puasa full, tapi tahun pertama yang juga full sholat fardhu, taraweh, witir, iqro dan hafalan surat pendeknya. Alhamdulillah, bahagia banget rasanya 🙂
Dan sampai sekarang masih bisa menjaga sholat fardhu dan mengajinya. MasyaAllah, semoga semakin baik ya nak.
Contoh baik, yang setiap hari dilihat oleh adik mirza membuat adik jadi ikut semangat sholat. Mulai bisa mengikuti gerakan sholat, yang sempat membuat surprise sudah bisa duduk tahiyat awal. Anak2 memang seperti spons menyerap semua yang dilihat. Maka ketika kebaikan yang ada di sekitarnya, insyaAllah hasilnya juga adalah kebaikan.

image

Dan ayah bunda juga jadi lebih semangat untuk terus memperbaiki diri agar menjadi lebih pantas mengajarkan dan memberi contoh untuk kalian.
Semoga Allah selalu melindungi dan menjaga setiap langkah kalian dalam menjalani tangga kehidupan di jalan Allah…
Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s