Bubbles alias si gelembung sabun

Semua anak sepertinya suka banget klo lihat bubble alias gelembung sabun.
Dan hampir selalu ada abang2 yang jual di tempat2 keramaian yang banyak anak2. Dari harga Rp. 2000 sampai dengan Rp. 15.000-25.000.
Sampe greget sendiri lihatnya karena si abang2 ini paling bisa “manas2in” anak2 untuk beli.
Lama-lama penasaran pake banget, gimana caranya bisa bikin bubble tapi yang bisa menghasilkan banyak gelembung, besar dan tidak mudah pecah. Sempat googling, lanjut eksperimen coba2 cari yang komposisinya pas dan mudah dibuat. Alhasil ketemulah resep andalan satu ini, mau tahuuuuu???
Yuk mari disimak, dah banyak yang coba n sukses bikinnya jadi bisa seseruan main bareng anak2nya…:)

Bahan:
3 sdm sabun cuci piring
3 sdm shampo
2 sdm sabun cair
1 sdm air
1 sdt gula
Cara:
Tinggal aduk2 sampai rata, dan siap untuk ditiup2…

Meskipun sederhana, permainan gelembung sabun ini juga bisa sembari mengajarkan anak tentang konsep udara. Gelembung membesar ketika ditiup karena ada udara yang masuk ketika kita hembuskan. Atau saat gelembung membesar karena tertiup angin, katakan pada mereka bahwa angin juga merupakan udara yang bergerak. Untuk anak2 yang lebih kecil bisa untuk melatih keterampilan meniupnya…

image

Dan dapat cara baru lagi selain dengan sedotan, menggunakan gelas plastik bekas air mineral/minuman kemasan yang dilubangi bagian bawahnya. Ini sewaktu helmi bermain bubble saat tema udara di sekolah.

image

Akhirnya cara ini yang selalu jadi andalan untuk krucil main bubble, lebih aman juga untuk anak2 dibanding menggunakan kawat atau sedotan. Karena untuk anak yang lebih kecil beresiko tersedot. Dan dengan gelas berlubang ini gelembung yang dihasilkan lebih besar, saat ada angin berhembus kita tidak perlu meniup lagi cukup biarkan angin berhembus yang menghasilkan gelembung2 besar dan banyak…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s