Kemana Perginya Sopan Santun dan Budi Pekerti kini….?!

image

Kita tidak akan pernah bisa menghindar dari perkembangan zaman, baik itu teknologi maupun dalam dunia pendidikan. Tapi di era yang serba canggih dengan beragam jenis gadget dan media, ada yang semakin tersisih secara perlahan. Adalah adab sopan, santun dan budi pekerti yang sepertinya kian tergerus zaman.
Kemana perginya nilai-nilai luhur yang dulu pernah kita banggakan sebagai bagian dari budaya timur, perlahan ikut menguap bersama meningkatnya pemanasan global sepertinya.  Pendidikan Moral Pancasila, pernah saya dapatkan ketika sekolah dasar. Dimana begitu banyak nilai luhur akan moral dan etika yang diajarkan disana. Bertambah tahun, berganti nama dan semakin menyempitkan pendidikan moral dan etika anak-anak sekolah sekarang. Ditambah minimnya juga pendidikan tersebut dalam lingkungan keluarga. Eranya semakin bergeser kepada rasa apatis, ketidakpedulian dengan sekitar.

Maka kini yang marak mewarnai berita-berita di tv adalah kasus tawuran, kejahatan oleh anak-anak usia sekolah, dan perilaku-perilaku yang semakin menyimpang. Tak ada lagi kepekaan akan sekitar, hingga beberapa waktu lalu sempat marak di media sosial, soal seorang gadis yang merasa keberatan jika wanita hamil diistimewakan dalam kendaraan umum. Dia merasa tidak pantas seorang ibu hamil diprioritaskan karena menurutnya semua orang juga memburu waktu dan lelah dengan aktivitas. Jika para remaja sudah memiliki pola pikir seperti itu akan jadi apa ia kelak…:(

Beberapa kali juga saya mengalami, ketika naik angkot dengan 1 anak dalam gandengan dan 1 anak digendong. Terkadang dapat kendaraan dengan kondisi yang sudah hampir penuh. Di tengah kerepotan saat naik, tak ada orang yang berinisiatif untuk bergeser dan memberikan tempat agar kami lebih mudah dan cepat naik. Hampir semua cuek, pura-pura tidak melihat, atau asyik dengan gadget atau tidur. Tidak orang dewasa tidak juga remaja,  hampir semua berperilaku yang sama. Dalam hati saya hanya bisa berkata, semoga anak-anak saya bisa tumbuh menjadi anak-anak yang memiliki adab sopan santun, budi pekerti dan kepedulian akan sekitarnya.

4 kata penuh makna yang wajib bagi kami untuk mengenalkan dan membiasakan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena anak-anak adalah peniru ulung, ketika yang dia lihat dan dengar adalah tutur kata dan bahasa tubuh yang baik, maka dengan sendirinya mereka akan mengikuti. 4 kata itu adalah : maaf, permisi, tolong dan terima kasih. Kata-kata tersebut memiliki efek yang luar biasa bagi pembentukan karakter anak. Memang tidak mudah karena butuh proses, tapi melalui proses itulah karakter anak akan terbentuk. Bukan dengan cara instant, yang bisa menguap seiring berjalannya waktu.

Membiasakan untuk meminta maaf dan memaafkan, mengucapkan kata permisi, tolong dan terima kasih seperti sudah menjadi langka saat ini. Maka perlu adanya keseimbangan ketika di dalam keluarga nilai-nilai luhur itu ditanamkan, usahakan lingkungan sekitar juga mendukung. Pe-er besar bagi orang tua untuk bisa menciptakan lingkungan seperti itu, dan akan menjadi pe-er yang lebih besar lagi bagi kita untuk bisa konsisten mengajarkan pada anak. Pengaruh lingkungan luar begitu mudah mempengaruhi anak-anak, dan tidak mudah juga bagi kita menghindarinya. Mencoba meminimalisasikan dengan mencari sekolah yang masih menerapkan nilai-nilai adab sopan santun, budi pekerti, nilai-nilai luhur moral dan akidah serta akhlak yang baik. Antara pendidikan di rumah dan di sekolah akan tercipta keseimbangan, maka harapannya anak-anak akan memiliki benteng yang lebih kuat dalam menghadapi pengaruh lingkungan sekitar.

Mari kita bentuk anak-anak kita menjadi anak-anak berkarakter yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai luhur sopan santun, budi pekerti, memiliki akidah dan akhlak yang baik. Sebagai bekal bagi mereka di masa depan, agar kelak menjadi orang hebat yang juga mampu menghebatkan lingkungan sekitarnya….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s