Guest Teacher

Saat akan mulai kegiatan belajar mengajar semester 1 di TK B Amanah Sekolah Karakter, para orang tua diminta untuk mengisi sebuah form.

Dalam form tersebut, pihak sekolah meminta partisipasi orang tua murid berupa kesediaannya untuk home visit atau guest teacher.

Setelah berdiskusi dan melalui pertimbangam, kami memutuskan untuk memilih option guest teacher. Meskipun masih belum terbayang apa yang akan dilakukan nanti. Modal nekat….hehehe

Dan kesempatan guest teacher datang diawal semester 2 ini.
Bismillah, planning nya mengajarkan percobaan sains sederhana berupa:

♥ fireworks @ the glass
♥ foamy colors

Butuh perjuangan dalam menyiapkan bahan-bahan yang akan dibawa saat guest teacher. Berburu soda kue dari minimarket ke supermarket sampe blusukan ke pasar tradisional dengan 2 krucil.

Alhamdulillah helmi dan mirza enjoy saja dibawa bundanya hunting keperluan. Meski harus berpanas ria dan berkeringat. Seru, ngebolang ala pasar…hihihi

Dan hari mengajar pun tiba…
Alhamdulillah ayah libur jadi bisa menjaga dan menemani mirza bermain saat bunda mengajar.
Baru menginjakkan kaki masuk ke dalam kelas sudah ramai anak2 berceloteh soal percobaan apa yang akan diajarkan. Wow, surprise dengan antusiasme anak-anak. Semoga semuanya berjalan lancar.

Dibuka dengan perkenalan, seru dengar celotehan anak-anak. Dan rasa ingin tahu mereka, berkali-kali bertanya kapan kita mulai percobaannya bunda?! Hehehe

image

Sebelumnya saya coba menjelaskan tentang apa itu densitas, kenapa ada benda yang mengapung dan tenggelam, lalu kenapa minyak dengan air tidak bisa bercampur. Dengan bahasa sederhana berharap lebih mudah untuk dipahami anak-anak, saya menjelaskan secara umum tentang densitas.
★ Densitas itu adalah berat jenis suatu benda
★ Jika benda tenggelam dalam air misalnya batu maka batu lebih berat dari pada air
★ Jika benda mengapung, seperti plastik. Artinya plastik beratnya lebib ringan dari pada air
★ Minyak dan air tidak dapat bercampur, meskipun kita sudah berkali-kali mengaduknya dengan kuat. Karena minyak dan air memiliki perbedaan densitas. Minyak memiliki berat lebib ringan dibandingkan dengan air, karenanya minyak berada di lapisan atas mengapung diatas air.

Saatnya kita mulai…

Karena ada beberapa orang yang tidak masuk, jadi hari itu hanya ada 9 anak. Dibagi menjadi 3 kelompok oleh Bu Tia wali kelas TK B Amanah.

image

Percobaan pertama yang kami lakukan adalah fireworks @ the glass lalu lanjut dengan foamy colors.

image

image

image

Senang sekali hari itu menghabiskan waktu 1 jam bersama anak-anak hebat. Anak-anak yang baik, bertanggung jawab, mandiri, pendengar yang baik. Bahagia rasanya Helmi bisa menjadi bagian dari anak-anak dan pengajar-pengajar hebat ini.
Sampai ketemu lagi anak-anak hebat berkarakter, semoga lain waktu kita bisa menghabiskan waktu bersama dengan lebih seru….
image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s